PERESMIAN PROGRAM PAMSIMAS II TAHUN ANGGARAN 2014

Pada tanggal 5 Agustus 2015 lalu, Ibu Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno meresmikan secara simbolis penggunaan fasilitas air minum yang dibangun melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) II tahun anggaran 2014 di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten. Untuk diketahui pada tahun anggaran 2014, ada 8 desa yang terpilih sebagai lokasi sasaran desa program PAMSIMAS II yang tersebar di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Plosoklaten, Semen dan Tarokan. Untuk Kecamatan Plosoklaten berada di Desa Jarak dan sepawon. Untuk Kecamatan Tarokan berada di Desa Bulusari dan Tarokan. Untuk Kecamatan Semen berada di Desa Pagung, Kedak dan Kanyoran. 1 Desa di Kecamatan Banyakan yaitu Desa Manyaran mengundurkan diri.

Dalam sambutannya, Camat Plosoklaten Bapak Arif Gunawan, SH. mengatakan bahwa sebenarnya di Desa Jarak tidak terlalu sulit untuk mendapatkan air, bahkan mungkin melimpah. Tapi sebagian besar penduduk desa jarak mempunyai kandang ternak dan pola hidup bersih sehat (PHBS) masyarakat masih rendah , sehingga kualitas air minum masyarakat kurang higinies atau kurang layak diminum oleh masyarakat. Sehingga pada tahun 2014, Desa Jarak mengajukan ikut serta dalam program PAMSIMAS II guna mencukupi kebutuhan air minum masyarakat Desa Jarak khususnya Dusun Sagi.

Sementara Bupati Kediri dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Daerah berupaya memenuhi kebutuhan air minum salah satunya program PAMSIMAS II. Ibu Bupati berharap tidak ada lagi droping air bersih di musim kemarau. Beliau juga berpesan bahwa selain menggunakan air bersih dengan bijak, kita juga harus menjaga sumber air tersebut supaya bermanfaat bagi anak cucu kita serta mengajak masyarakat untuk melaksanakan penghijauan dan menanam pohon di sekitar mata air.
Dalam peresmian selain dihadiri Bupati Kediri dan Camat Plosoklaten, juga dihadiri Tim dari Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL), Perwakilan Panitia Kemitraan (PAKEM), Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) dan Kepala Desa dari 7 Desa Penerima Program, Fasilitator program PAMSIMAS II dan masyarakat sekitar Desa Jarak.

Sebagai kelanjutan program PAMSIMAS II ini, pada tahun anggaran 2015 Pemerintah Kabupaten Kediri akan melaksanakan program PAMSIMAS II di 8 Desa sasaran yaitu Desa Kranding, Kraton, Tambibendo, Sukoanyar, Petungroto, Ngetrep, Keniten dan Parang. Hampir kesemua desa berada di Kecamatan Mojo kecuali Desa Parang yang berada di Kecamatan Banyakan.
Dengan adanya program PAMSIMAS II ini diharapkan dapat mewujudkan target pemenuhan air minum 100% di tahun 2019 yang tertuang dalam Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang merupakan wujud NAWA CITA Presiden Joko Widodo. Program PAMSIMAS II ini merupaka wujud sinergitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri.

Back

Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co

18 Dec 2015

Netizen's Opinions