Konsultasi Publik Rencana Pembangunan dan Perluasan Cagar Budaya Sri Aji Joyoboyo Kabupaten Kediri

Konsultasi Publik Rencana Pembangunan dan Perluasan Cagar Budaya Sri Aji Joyoboyo Kabupaten Kediri telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 November 2015 di Kantor Kepala Desa Menang Kecamatan Pagu. Rapat dipimpin oleh Kepala Desa Menang Kecamatan Pagu yang dihadiri oleh Tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Biro Administrasi Pembangunan, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Biro Hukum), Tim dari Pemerintah Kabupaten Kediri (BPKAD, BAPPEDA, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum), Badan Pertanahan Kabupaten Kediri, Camat Pagu, Warga yang terkena pembebasan lahan dan Tokoh Masyarakat Desa Menang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Menang menyatakan bahwa kegiatan ini benar program dari Pemerintah Daerah Kabupaten kediri yang bisa dipertanggungjawabkan. Yang kedua, Kepala Desa Menang menanyakan kepada masyarakat tentang Kesepakatan atau Persetujuan untuk melepas lahannya, masyarakat menjawab secara aklamasi “setuju”. Dan diakhir sambutannya Kepala Desa Menang berpesan jangan meminta harga terlalu tinggi, tapi jangan terlalu rendah.

Sementara itu dalam sambutannya, Bapak Camat menjelaskan bahwa proses pembebasan lahan oleh pemerintah harus melalui tahap birokrasi, tidak seperti jual beli perorangan. Sementara itu, Sambutan Tim Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjelaskan Sesuai UU No.2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum dan perpres No. 71 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan :
1. Tahapan Pengadaan tanah :
a. Tahap I : Tahap Perencanaan
b. Tahap II : Tahap Persiapan
c. Tahap III : Tahap Pelaksanaan
d. Tahap IV : Tahap Penyerahan hasil
2. Penilaian Harga dilakukan oleh lembaga indipenden
3. Lahan yang akan dibebaskan untuk Rencana Pembangunan dan Perluasan Cagar Budaya Sri Aji Joyoboyo Kabupaten Kediri
a. Luas Tanah yang akan dibebaskan : 4,3 Ha
b. Pemilik Lahan : 32 orang
c. Jumlah Lahan : 33 Hak milik
Konsultasi Publik Rencana Pembangunan dan Perluasan Cagar Budaya Sri Aji Joyoboyo Kabupaten Kediri merupakan bagian Tahap II yaitu Persiapan. Konsultasi publik rencana pembangunan, dilaksanakan untuk mendapatkan kesepakatan lokasi rencana pembangunan dari pihak yang berhak. Konsultasi publik dilakukan dengan melibatkan pihak yang berhak dan masyarakat yang terkena dampak serta dilaksanakan di tempat rencana pembangunan kepentingan umum atau di tempat yang disepakati. Pelibatan pihak yang berhak dapat dilakukan melalui perwakilan dengan surat kuasa dari dan oleh pihak yang berhak atas lokasi rencana pembangunan. Kesepakatan dituangkan dalam bentuk berita acara kesepakatan

Back

Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co

18 Dec 2015

Netizen's Opinions