Data Pertumbuhan Ekonomi / PDRB

pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan dihitung dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan 2000 yang merupakan rata-rata tertimbang dari tingkat pertumbuhan sektoralnya. Hal ini berarti jika suatu sektor mempunyai struktur besar dengan pertumbuhan lambat, maka akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan secara keseluruhan. Sebaliknya bila sektor yang struktur ekonominya cukup besar dengan pertumbuhan tinggi, maka sektor ini akan menjadi lokomotif terhadap perekonomian di daerah. Perhitungan PDRB akan menghasilkan gambaran mengenai volume ekonomi, struktur ekonomi dan perkembangannya serta kontribusi masing-masing sektor terhadap total PDRB.

Perkembangan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kediri dalam periode 2012 sampai dengan tahun 2014 sebagaimana Grafik dibawah ini :

Free HTML5 Bootstrap Template

Dalam rentang waktu tiga tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kediri mengalami fluktuasi. Tahun 2012 pertumbuhan ekonomi sebesar 6,98%, melambat menjadi 6,52% di tahun 2013 dan angka pertumbuhan tahun 2014 naik menjadi sebesar 6,61%. Kemudian untuk perbandingan pertumbuhan ekonomi antara Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur dan Nasional dapat dilihat sebagaimana grafik dibawah ini :

Free HTML5 Bootstrap Template

Ditinjau dari kontribusi menurut sektor PDRB, perekonomian Kabupaten Kediri selama tiga tahun terakhir ditopang oleh empat sektor utama yaitu pertanian; industri; perdagangan, hotel dan restoran; jasa – jasa. Dari ke empat sektor tersebut sektor perdagangan, hotel dan restoran mendominasi kontribusi sektor PDRB yang memiliki kecenderungan naik. Gambaran kontribusi sektoral PDRB Kabupaten Kediri selama tiga tahun terakhir sebagai berikut :

Free HTML5 Bootstrap Template

Dari data diatas tampak bahwa secara bertahap perkembangan perekonomian Kabupaten Kediri mengalami pergeseran dari kelompok sektor Pertanian ke kelompok sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran. Kondisi tersebut seiring dengan penetapan Kabupaten Kediri sebagai pusat Wilayah Pengembangan di Provinsi Jawa Timur yang diharapkan memberikan pelayanan pada daerah/wilayah hinterland. Hal tersebut tampak dari kontribusi sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran yang terus meningkat dari tahun ke tahun dalam periode 2012 – 2014.

Quick Links

Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co