Perkembangan Tingkat Inflasi

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum secara terus menerus. Inflasi merupakan indikator yang menunjukkan tingkat perkembangan harga secara umum, besarannya diperoleh dari perkembangan nilai indeks implisit, yaitu suatu indeks yang menggambarkan perbandingan antara PDRB atas dasar harga berlaku dengan PDRB atas dasar harga konstan. Inflasi Kabupaten Kediri dari tahun 2018 sampai 2020 mengalami tren penurunan. Inflasi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, ketidaklancaran distribusi barang, dan banyak faktor lainnya. Perkembangan tingkat inflasi Kabupaten Kediri pada periode tahun 2018-2020 sebagaimana grafik berikut :

Free HTML5 Bootstrap Template

Dari grafik di atas menunjukkan bahwa tingkat inflasi di Kabupaten Kediri mengalami tren yang menurun. Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri mampu menjaga tingkat inflasi serendah mungkin sehingga inflasi tergolong dalam inflasi ringan yaitu nilai inflasi di bawah 10%. Tingkat inflasi yang rendah juga menunjukkan bahwa pemerintah dapat menjaga kestabilan harga di pasar dan kelancarnya distribusi barang.

Quick Links

Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co Free HTML5 Bootstrap Template by FreeHTML5.co